RESUME BAB 4 – ANALISIS KEBUTUHAN

RESUME BAB 4

ANALISIS KEBUTUHAN

Tujuan dilakukannya tahap analisis adalah:

  1. Menjelaskan sistem saat ini secara lengkap
  2. Menggambarkan sistem informasi yang ideal
  3. Membawa sistem informasi yang ideal ke kondisi saat ini dengan memperhatikan kendala sumber daya
  4. Memberi dorongan terhadap keyakinan pemekai ke dalam team  pengembangan sistem

Tahap requirement analysis adalah tahap interaksi intensif antara analis sistem dengan komunitas pemakai sistem, dimana team pengembangan sistem menunjukkan keahliannya untuk mendapatkan tanggapan dan kepercayaan pemakai, sehingga mendapat partisipasi yang baik.

KEINGINAN PEMAKAI

Dalam hal ini harus dijelaskan kepada pemakai bahwa tidak ada sistem yang sempurna, supaya tidak terjadi perbedaan pandangan antara end-user dengan pembuat sistem.

METODE ANALISIS KEBUTUHAN

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam requirement system antara lain interviews, questionnaires, observation, procedure analysis, dan document survey.


Tanya jawab (Interviews)

Bagaimana metode digunakan

–          Memilih potential interviewees

–          Membuat perjanjian terhadap potential interviewe

–          Menyiapkan struktur pertanyaan yang lengkap dan jelas

–          Memilih person yang diinterview secara pribadi dan merekamnya

Target dari metode

–          Kunci pribadi dalam proses DFD

–          Kadangkala melibatkan orang luar, seperti pelanggan atau vendors

Keuntungan metode

–          Pewawancara dapat mengukur respon melalui pertanyaan dan menyesuaikannya dengan situasi yang terjadi

–          Baik untuk permasalahan yang tidak terstruktur, seperti mengapa anda berpikir hal ini akan terjadi?

–          Menunjukkan kesan interviewer secara pribadi

–          Memunculkan respon yang tinggi sejak penyusunan pertemuan

Kerugian metode

–          Membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit

–          Membutuhkan pelatihan dan pengalaman khusus dari pewawancara

–          Sulit membandingkan laporan wawancara karena subyektivitas alamiah

Kapan metode tidak baik digunakan

–          Mendapatkan penjelasan atau pandangan dari personel kunci

–          Test kredibilitas dari interviewees

–          Mencari interview yang unsureness atau contradictions

–          Memantapkan kredibilitas team

Faktor penting dalam interview yang baik adalah objektives, audience, format, weighting dan combining responses, and docummentation.

Kuesioner (Questionnaires)

Bagaimana metode itu digunakan

–          Mendesain dengan menggunakan standar kuesioner

–          Kuesioner dikirimkan ke lingkungan kerja end-users

–          Struktur respon diringkas dalam bentuk statistic distribusi

Target dari metode

–          Semua end-user dengan wawasannya akan dilibatkan dalam proses solusi pemecahan sistem

–          End-user dihubungkan dengan proses pemakaian simbol-simbol dalam DFD

Keuntungan metode

–          Murah dan cepat dari pada interviews

–          Tidak membutuhkan investigator yang terlaltih

–          Mudah untuk mensistensis hasil sejak pembuatan kuesioner

–          Dengan mudah dapat meminimalkan biaya untuk semua end-user

Kerugian metode

–          Tidak dapat membuat pertanyaan yang spesifik bagi end user

–          Analis melibatkan kesan sehingga tidak dapat menampakkan pribadi end-user

–          Tanggapan yang rendah karena tidak adanya dorongan yang kuat untuk mengembalikan kuesioner

–          Tidak dapat menyesuaikan pertanyaan ke end-user secara spesifik

Kapan metode digunakan

–          Pertanyaan sederhana

–          Membutuhkan wawasan luas dari end-user

–          Bila memiliki sedikit waktu dan biaya

Observasi (Obserbation)

Bagaimana metode digunakan

–          Mengunjungi lokasi pengamatan

–          Merekam kejadian dalam lokasi pengamatan

Target dari metode

–          Lokasi proses secara geografis ditunjukkan dalam DFD (Data Flow Diagram)

Keuntungan metode

–          Mendapatkan fakta records daripada pendapat

–          Tidak membutuhkan konstruksi pertanyaan

–          Tidak mengganggu atau menyembunyikan sesuatu

–          Analis tidak bergantung pada penjelasan lisan dari end-users

Kerugian metode

–          End-user merasa diamati

–          Dalam jangka panjang, fakta yang diperoleh mungkin tidak tepat

–          Membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus dari analis

Kapan metode baik digunakan

–          Membutuhkan gambaran kuantitatif seperti waktu, volume dan sebagainya

–          Kecurigaan bahwa end-user mengatakan suatu kejadian yang sebenarnya tidak terjadi

Prosedur Analisis

Bagaimana metode digunakan

–          Mempelajari dan mengidentifikasikan aliran kunci melalui DFD

–          Setiap alliran dokumen kunci menjelaskan prosedur operasi sistem

–          Mempelajari kenyataan daripada mendeskripsikan volume distribusi dan apa yang selanjutnya dikerjakan terhadap aliran dokumen aslinya

Target dari metode

–          Dokumen utama dalam DFD

–          Proses dalam DFD

Keuntungan metode

–          Evaluasi prosedur dapat dikerjakan dengan campur tangan yang minimal dan tidak mempengaruhi operasi pemakai

–          Prosedur aliran dapat menjadi sebuah struktur checklist untuk melakukan observasi

Kerugian metode

–          Prosedur mungkin tidak lengkap dan tidak up to date lagi

–          Mempelajari bagan aliran dokumen membutuhkan waktu dan keahlian analis

Kapan metode baik digunakan

–          Memutuskan apakah masalah kegagalan sistem dapat membantu perancangan yang baik

–          Tim analis tidak secara total familiar dengan aliran dokumen

–          Mendeskripsikan aliran dokumen yang mengganggu kerjanya fungsi

Pengamatan Dokumen (Document Survey)

Bagaimana metode digunakan

–          Mengidentifikasikan dokumen utama dan laporan

–          Mengumpulkan salinan dokumen actual dan laporan

–          Setiap dokumen digunakan untuk record data, meliputi field, frekuensi penggunaan dan struktur kodingnya

Target dari metode

–     Aliran data kunci ditunjukkan dalam DFD

Keuntungan metode

–        Meminimalkan interupsi dari fungsi operasionalnya

–        Permulaan elemen kamus data

–        Dapat mempertimbangkan modifikasi major procedural

Kerugian metode

–       Membutuhkan waktu yang cukup

Kapan metode baik digunakan

–       Harus  dikerjakan jika sebuah sistem akan didesain

SAMPLING

Kendala Sumber Daya

  1. Waktu
  2. Uang
  3. Keahlian
  4. Teknologi
  5. Faktor eksternal

DOKUMEN ANALISIS KEBUTUHAN

Arahan analisis

–          Hubungan dengan pemakai akhir

–          Menganalisa records, forms dan laporan

–          Pemangatan proses

Kebutuhan pemakai

–          Apa yang menjadi kebutuhan sebenarnya

–          Pengaruh sistem baru

Kendala sistem

–          Menjelaskan kendala waktu, biaya, keahlian, teknologi dan faktor eksternal

–          Realistik sistem

Dokumentasi

–          Instrument pengumpulan data

–          Aliran data secara logical dan phisik

–          Element awal dalam kamus data

KESIMPULAN

Untuk mengawali sebuah pembuatan sistem, harus dilakukan analisis terlebih dahulu mengenai kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam pembuatan sistem.

Ada lima metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Metode tersebut antara lain:

  1. Interview
  2. Questionnaires
  3. Observation
  4. Prosedur Analisis
  5. Dokumen survey

Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi penggunaan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.

Leave a comment